Senin, 31 Desember 2018

Pentingnya Organisasi Mahasiswa Daerah



Organisasi mahasiswa daerah merupakan organisasi yang beranggotakan mahasiswa-mahasiswi  yang berasa dari daerah yang sama dan memiliki tujuan yang sama sebagai para perantau. Ironisnya, organisasi daerah ini cenderung kurang diminati karena dianggap kurang  bermanfaat untuk masa depan dibanding dengan organisasi intrakampus, penyataan tersebut sebenarnya tidak tepat karena pada dasarnya organisasi daerah sangat dibutuhkan mengingat fungsinya sebagai wadah pemersatu mahasiswa perantau sedaerah, dan setujuan, yang dapat membantu sesama mahasiswa yang membutuhkan keluarga di darah rantaunya sehingga dapat saling menjaga selama berada jauh dari rumah.

Organisasi daerah diharuskan menjadi sarana konstribusi para anak rantau, yang tentunya focus pada daerahnya. Didalam organisasi daerah tidak hanya sekedar kumpul-kumpul melainkan terdapat kegiatan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat salah satunya seperti  bakti social atau sering dibilang baksos yang nyimbolkan sebagai wujud rasa kemanusiaan antara sesame manusia. Baksos yang dilakukan oleh mahasiswa terhadap warga-warga untuk mewujudkan rasa kasih saying, peduli, dan tolong menolong kepada masyarakat luas yang membutuhkan bantuan.

Adanya organisasi mahasiswa daerah juga berfungsi untuk menjaga nilai-nilai budaya daerah agar tidak merosot ditengah arus modern yang ada dikota dan untuk menunjukan kepada masyarakat tentang keunggulan daerahnya, juga memperkenakal bagaimana sikap dan budaya yang dikembangkan didaerah. Inilah peran organisasi daerah untuk terus menjaga silaturahminya, sehingga rasa kekeluargaan dan tali persaudarannya akan semakin meningkan dengan adanya organisasi daerah jika sudah saling mengenal sesame anggota maka akan lebih mudah mahasiswa organisasi daerah dalam berkontribusi untuk daerahnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar