Rabu, 07 November 2018

Pentingnya Belajar Kaligrafi


Bismillah...

Kaligrafi sering disebut dengan istilah art of Islamic art (Seninya seni Islam) Kaligrafi atau biasa disebut khot merupakan tulisan arab yang indah dan tentunya memiliki makna, banyak orang yang tertarik pada kaligrafi, sehingga beberapa siswa atau mahasiswa mengikuti kursus kaligrafi. Sebenarnya keinginan untuk bisa  memulis khot indah itu harus berawal dari diri sendiri bukan karena keinginan untuk dipuji orang lain akan karyanya. Sebagai seorang islam tentunya kita harus memajukan agama Islam salah satunya adalah dengan adanya kaligrafi. Kaligrafi merupakan seni nya agamanya Islam, karena khot atau kaligrafi isinya tentang ayat-ayat Al-Qur'an, Hadits Nabi, maupun perkataan sahabat Nabi.   
Rasulullah SAW bersabda : "Ilmu adalah buruan dan tulisan merupakan tali (untuk mengikat buruan tersebut), maka ikatlah ilmu dengan tulisan". dengan kaligrafi saya pribadi menjadi terbiasa menulis ayat-ayat Al-Qur'an, Hadits Nabi, dan juga perkataan para sahabat, dengan penulisan khot yang sebenarnya sehingga menarik untuk dilihat atau dibaca. beda hal nya dengan menulis yang seadanya, kemungkinan besar sedikit orang yang membaca atau melihat tulisan tersebut, karena tidak adanya keindahan dalam tulisan itu. Namun jika kita menulis dengan khot yang indah, tulisan kita akan dihargai banyak orang dan akan dijadikan diberbagai pameran kaligrafi sehingga timbul keinginan dari orang-orang untuk bisa menulis khot. itulah alasan mengapa penting belajar kaligrafi apalagi jika ada orang yang bisa melukis dan bisa kaligrafi itu akan menjadi apresiasi untuk dia.
Kegiatan kaligrafi atau khot diberi untuk menumbuhkan rasa keindahan dan artistic sehingga membentuk sikap kreatif, apresiatif, dan kritis. Karena kaligrafi memiliki unsure keindahan , hias dan plastisitas bentuk serta kekayaan ragam menumbuhkan rasa estetika yang mendalam. Untuk yang mempunyai skill dibidang kaligrafi, disarankan untuk terus diasah dan dilatih jangan putus asa. Karena diri sendiri yang akan merasakan manfaat dari belajar kaligrafi, jika tidak dimulai  sekarang  kapan lagi selagi masi ada umur dan masih muda.

Salam,
Silfi Nurimani


Tidak ada komentar:

Posting Komentar